Selamat datang di situs resmi FKIP UNILAK PEKANBARU

Selasa, 29 Mei 2012

Praktikum Biologi


      Praktikum Biologi bertujuan untuk memberi wawasan tentang Biologi sebagai ilmu dan lingkung persoalan Biologi secara lebih utuh. Karena misinya adalah untuk membuka kebulatan wawasan, maka materi kajiannya
masih bersifat “superficial” atau “elementer”, global atau menyeluruh, menyangkut tematema besar Biologi. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan praktikum ini, mahasiswa memiliki pengalaman dasar yang lebih mantab, dan dapat digunakan untuk mempelajari Biologi lebih lanjut.

           Biologi sebagai ilmu memiliki beberapa ciri penting, meliputi :
1. Adanya objek kajian , yakni makhluk hidup di lingkungannya
2. Persoalan, yaitu pertanyaan yang timbul terhadap gejala-gejala dimunculkan, melekat pada objek.
3. Metode dan pendekatan. Aspek metode menyangkut kaidah-kaidah / langkahlangkah / prosedur ilmiah/ metode ilmiah, sedangkan pendekatan terkait dengan cara pandang suatu masalah dipecahkan. Pendekatan pemecahan masalah biologi yaitu observasi eksploratif dan eksperimen atau percobaan (critical experiment, quasy exsperiment). Untuk hal-hal tertentu kadang masih terasa adanya trial and error.Pendekatan juga dapat dilihat dari perspektif lain seperti pendekatan ekologis, pendekatan molekuler, pendekatan social ekonomi, transdisipliner, multidicipliner, dsb.
4. Sejarah perkembangan konsep. Biologi sebagai ilmu yang “hidup” karena secara intensif ditopang ooleh kegiatan “research” yang berkelanjutan, maka terjadi perkembangan konsep. Timbul thesis – antithesis, konsep lama dikoreksi, dan dihasilkan konsep-konsep baru. Biologi memiliki kesejarahan (history of biology), seperti halnya ilmu Sains yang lain.
5. Adanya kemanfaatan bagi kemaslahatan manusia Komponen objek, persoalan dan cara pendekatan merupakan komponen pokok pada Biologi.

         Tujuan khusus dari praktikum Biologi ini adalah :
1. Mengenalkan permasalahan-permasalahan biologi elementer untuk memberi kan
pengalaman dan wawasan tentang lingkup persoalan biologi secara lebih utuh
2. Memberikan keterampilan dasar dalam memecahkan masalah-masalah biologi
berdasar sikap dan prosedur ilmiah.





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More